Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

5 Cara Mengatasi TV LG Suara Ada Layar Gelap

5 Cara Mengatasi TV LG Suara Ada Layar Gelap  - Saat ini kegunaan televisi benar-benar menjadi sebuah penunjang dalam aktivitas sehari-hari kehidupan manusia. Masyarakat sudah tidak bisa lagi lepas dari kebutuhan akan menonton televisi bukan semata untuk acara hiburan semata akan tetapi beragam informasi menarik dan seru secara real time pun bisa diperoleh langsung dari siaran yang ada di televisi.

Maka tidak mengherankan jika kemudian muncul banyak kebutuhan akan televisi yang seiring berjalannya waktu semakin meninggi bahkan di jaman yang serba teknologi seperti saat ini. Banyak pula vendor yang berlomba-lomba menjajahkan produk televisi yang mereka miliki dengan penawaran beragam dan siap untuk memanjakan aktivitas menonton anda.

5 Cara Mengatasi TV LG Suara Ada Layar Gelap

Salah satu merk ternama televisi di tanah air adalah merk LG. Meskipun kita ketahui, vendor yang berasal dari Jepang tersebut tidak hanya menghadirkan televisi sebagai alat elektronik saja, di pasaran LG banyak menjajahkan produk elektronik seperti TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, sampai juga pada perangkat gadget seperti smartphone, tablet dan laptop atay PC.

Begitu terkenalnya merk LG ini di mata masyarakat, khususnya di Indonesia, untuk satu produk yang akan kita bahas yaitu tentang televisi LG juga tersedia dengan banyak varian tipe yang berbeda-beda sehingga bisa memberikan pilihan bagi anda ketika hendak membeli televisi sesuai kebutuhan serta budget yang disediakan.

Namun tentu saja, kerusakan pada TV LG pun juga tidak bisa dihindari. Buktinya di tempat service sendiri juga banyak berjejeran merk TV LG dengan beragam tipe yang mengalami kendala atau masalah karena beberapa sebab yang bisa ditimbulkan. Salah satu masalah yang umumnya terjadi pada kerusakan televisi ini adalah adanya suara yang normal akan tetapi gambar televisi tersebut gelap. Hal ini tentu saja akan begitu sangat menganggu aktivitas anda apalagi ketika hendak menonton televisi karena ada informasi penting yang harus dilihat.

Sering kali ditemukan pada televisi LG di berbagai merk yaitu layar TV yang gelap padahal suaranya normal seperti tidak terjadi kendala apa-apa. Hal seperti ini biasanya terjadi karena panel LFD pada televisi sedang tidak bekerja seperti semestinya, permasalahan terjadi pada bagian layar televisi yang tidak menjalankan fungsi seperti sedia kala sehingga bisa mengakibatkan gambar televisi menjadi gelap.

Seperti diketahui bersama, saat ini penggunaan televisi dengan layar LED sedang marak digunakan oleh masyarakat luas, TV tabung yang merupakan televisi jadul seakan ditinggalkan dan masyarakat lebih tertarik pada penggunaan TV LED, selain layarnya tipis diklaim pula bahwa televisi jenis layar seperti ini juga enteng dan juga tidak memakan daya listrik terlalu banyak sehingga anda bisa lebih hemat.

Penyebab TV LG Suara Ada Layar Gelap dan Cara Memperbaikinya

Kerusakan pada layar TV yang gelap mungkin saja karena panel LED pada layar televisi dimana biasanya digunakan untuk pencahayaan latar pada layar LCD sedang mengalami sebuah masalah. Kendala seperti demikian sering kali ditemukan pada LED TV karena TV yang memiliki jenis seperti ini pencahayaan latar atau istilahnya disebut dengan back light didapat dari nyala banyaknya LED yang ditata secara seri, maka apabila ditemukan satu saja LED yang tidak berfungsi atau mati, otomatis seluruh layar tidak bisa berfungsi untuk mendapat cahaya latar, maka dari itulah tampilan layar televisi menjadi gelap padahal suaranya normal.

Sebelumnya anda perlu melepaskan kabel screen, melepaskan kapasitor screen, melepaskan kabel fokus disoket CRT, lalu persiapkan kabel, satu ujung kabel diberikan Dioda kecil untuk sort. Jika semuanya sudah siap, maka berikut langkah untuk memperbaikinya :

1. Ujung kabel tersebut disolder lalu dihubungkan pada tegangan 180 volt (bisa melalui CRT atau dari kaki flyback).

2. Ujung pada kabel yang terdapat dioda jangan disolder karena akan disentuh G2.

3. Hidupkan tv sampai start seperti sedia kala.

4. Ambillah ujung kabel berdioda tadi, lalu shortkan pada pin G2 (bebas sentuh), nantinya akan terdengar bunyi (cehtess) didalam tabung televisi.

5. Matikan TV kembali, lihatlah apakah gambar sudah bisa keluar, sebenarnya, jika keadaan tabung atau G2 normal maka gambar akan kembali ke bentuk semula (normal). Akan tetapi jika terjadi masalah pada G2 yang sedang putus maka gambar tidak akan keluar dan tentu saja anda perlu mengganti dengan yang baru.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 5 Cara Mengatasi TV LG Suara Ada Layar Gelap