Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Macam Macam Kerusakan TV LG dan Solusinya

Macam Macam Kerusakan TV LG dan Solusinya - Saat ini dunia elektronik sedang merajai produk pasaran Indonesia, salah satunya produksinya adalah Televisi. Ada banyak merk dan tipe TV atau Televisi yang berlenggang di pasaran, mulai dari merk LG, Sharp, Samsung dan merk lainnya yang juga tidak kalah ternama. Namun tetap saja kerusakan yang terjadi pada Televisi kita tidak bisa dihindari, kerusakan tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor misalnya karena faktor usia, pemakaian televisi yang sudah terlalu lama, kerusakan bisa juga disebabkan karena kesalahan dari manusia dan hal-hal lainnya.

Macam Macam Kerusakan TV LG dan Solusinya

Contoh saja seperti pada TV LG, meskipun merupakan televisi dengan merk ternama namun tetap saja tidak bisa terhindarkan dari kemungkinan terjadinya kerusakan. Ada banyak macam kerusakan yang mungkin saja terjadi pada televisi LG, ketika anda memiliki TV tersebut kemudian menemukan hal-hal yang tidak semestinya terjadi atau kerusakan pada TV LG segera bawa kepada orang yang ahli dalam bidang repair tv, hal ini agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

Macam Macam Kerusakan TV LG dan Cara Mengatasinya

Dibawah ini telah kami sertakan untuk anda tentang macam-macam kerusakan yang mungkin saja terjadi pada TV LG serta bagaimana cara untuk dapat mengatasinya :

1. Untuk TV LG dengan model 21FB3RB dengan gejala standby, maka bisa disebabkan karena gagal start loading data eeprom, hal tersebut terjadi bisa karena data pada IC02 24C04 sedang korup. Untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan mengganti atau flash IC02 24C04 dengan data/ic yang sudah terisi.

2. LG Ultra Slim 21FU2RD, kerusakan yang mungkin terjadi adalah TV mati, transistor horizontal short apabla diganti dengan short lagi. Hal ini bisa saja terjadi karena capasitor C414 153/2KV mengalami perubahan nilai. Solusi yang tepat adalah dengan mengganti capasitor C414 153/2KV dan Q402 2SC6090 dengan perangkat yang baru.

3. Perangkat TV LG dengan model CD-14D52, untuk model yang satu ini jika mengalami kerusakan pada warna gambar yang tidak normal dan berwarna kemerah-merahan, maka solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mensolder RGB ulang semuanya, maka warna akan kembali normal.

4. TV LG model 21FC1CG ketika sedang terjadi masalah pada gambar yang mengecil membentuk kotak yang terdapat pada bagian tengah layarnya, kerusakan seperti ini biasanya disebabkan karena terjadinya defleksi/yoke-nya ada yang putus di bagian vertical. Maka untuk dapat menyelesaikan masalah kerusakan ini adalah dengan membongkar Yoke di bagian vertikal kemudian mencari kawat email yang putus kemudian disambungkan lagi.

5. Untuk TV LG model MC994A jika terjadi kerusakan standby pada TV setiap dua menit, maka permasalahannya adalah ada solderan yang retak pada bagian power supplynya, untuk bisa mengatasi hal ini adalah menyolder ulang bagian power supply.

6. Kerusakan pada TV LG model CA 51 T 80 terjadinya gambar garis horizontal pada TV, hal ini karena IC vertikal TDA 8351, untuk mengatasi adalah dengan mengganti IC vertikal TDA 8351 tersebut.

7. LG model Flatron juga tidak bisa lepas dari kerusakan yang mungkin terjadi yaitu gambar normal setelah agak lama televisi dinyalakan kemudian juga muncul suara gemeretak bahkan sering kali suara menghilang. Hal ini bisa jadi karena masalah pada IC Volume  atau tone control 1116 sedang mengalami sebuah gangguan internal, cara mengatasinya adalah mengganti
IC LV1116.

8. Selanjutnya kerusakan pada model TV LG RD-21FB70V, TV tiba-tiba saja mati standby, disebabkan karena D23 SHORT, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti D23 dengan IN4148.

9. Kerusakan pada TV LG model 21FB7CG, gejalanya berupa TV yang mati atau hidupnya begitu lama. Hal ini karena adanya tegangan untuk B+ Fly back sedang naik bahkan lebih dari 110 volt, solusi mengatasi permasalahan seperti ini adalah dengan menghubungkan resistor dengan optocoupler berubah nilai yaitu R815 dengan nilai 91 Kohm jadi bisa lebih besar dan mempengaruhi kerja optocoupler, gantilah sesuai standar yang berlaku.

Itulah yang sering terjadi pada kerusakan tv lg. Semoga artikel ini bisa membantu sesama rekan teknisi tv.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Macam Macam Kerusakan TV LG dan Solusinya