Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Solusi Mengatasi Kerusakan TV Samsung Mati Total

Solusi Mengatasi Kerusakan TV Samsung Mati Total - Samsung dikenal sebagai salah satu produsen dan vendor barang elektronik dan gadget yang memiliki teknologi tinggi dengan kualitas terbaik buatannya. Banyak produk yang berhasil ditelurkan oleh Samsung dan sudah melenggang ke pasaran. Produk-produk buatan Samsung memang tidak dapat dipungkiri lagi bagaimana kecanggihan serta kualitasnya sehingga menjadi daya tarik banyak orang cenderung lebih memilih produk buatan Samsung.

TV Merupakan salah satu produk elektronik yang juga dibuat oleh Samsung. Ada banyak tipe dan model yang dihadirkan oleh vendor jebolan Korea Selatan tersebut ke pasaran. Di Indonesia saja, produk televisi buatan Samsung mampu bersaing dan menduduki posisi aman dalam pasaran televisi. Apalagi Samsung juga terus menerus melakukan berbagai inovasi untuk memperbaiki kualitas serta menambahkan banyak fitur menarik pada setiap produk TV yang ia ciptakan.

Solusi Mengatasi Kerusakan TV Samsung Mati Total


Samsung ditengarai merupakan salah satu vendor teknologi raksasa yang bergerak dalam banyak sektor. Televisi yang dibuat oleh Samsung hadir dengan banyak pilihan tipe dan model sehingga orang-orang bisa membeli sesuai kebutuhannya dan budget yang dimiliki ketika hendak membeli produk televisi ciptaan Samsung ini sendiri.

Lepas dari hal tersebut, tentu saja sebagai barang atau alat elektronik TV ini juga rentan mengalami kerusakan. Meskipun Samsung dikenal sebagai produsen elektronik terbaik namun masih belum bisa menghindari kerusakan yang mungkin saja timbul pada setiap produk yang dibuatnya, terlebih lagi pada produk televisi. Ada banyak orang membuka jasa service untuk memperbaiki segala macam kerusakan yang terjadi pada televisi termasuk pula TV Samsung ini.

Cara Memperbaiki TV Samsung Mati Total


Salah satu kerusakan yang umum terjadi pada televisi buatan Samsung adalah TV mati total. Dalam hal ini maka TV berada di kondisi sedang mati total dan tidak bisa dihidupkan sama sekali menggunakan tombol switch on/off yang biasanya ada pada televisi. Dengan demikian tentu saja akan membuat si pemilik TV lantas heran dan panik, karena aktivitas menonton tv mereka menjadi terganggu, apalagi ketika ada tayangan seru dan harus ditonton namun terkendala dengan adanya kondisi TV yang demikian.

Apabila anda sedang mengalami kondisi seperti ini, maka jangan dulu berpikir untuk mengantarkan TV Samsung ke tempat service,ada kalanya anda memeriksa sendiri terlebih dahulu kerusakan dan penyebab tv samsung mati total sehingga anda mengetahui cara untuk mengatasi permasalahan ini. Biasanya apabila TV Samsung dalam kondisi mati total berarti ada masalah pada power supply. Periksa terlebih dahulu, apabila ditemukan fuse yang putus, IC regulator 3BR1065 dan chip zener dioda yang juga dalam kondisi rusak, maka anda perlu melakukan beberapa percobaan yang telah kami berikan dibawah ini.

Pertama cobalah untuk memodifikasi dengan mamakai Universal power supply, lihat hasilnya maka LCD dapat kembali hidup dan muncul suara, akan tetapi permasalahan mungkin akan timbul pada lambu backlight yang mati. Hal tersebut dikarenakan lampu backligth tersebut sedang dalam tegangan langsung dari PFC 385v, dalam hal ini matikan sirkit PFC sehingga FET bisa mendapatkan supply tegangan 300 v.

Solusi lainnya adalah anda perlu mengaktifkan sirkit PFC lagi supaya FET power backlight mendapat tegangan supply sampai 385 v. Kemudian pada sirkit Universal powes supply jadikan tegangannya 300 v, tambahkan dioda penyearah dan elco 100u/400 v. Setelah itu, periksa kembali LCD apakah sudah normal apa belum, biasanya jika menggunakan cara seperti ini, maka LCD televisi Samsung anda kembali normal.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Solusi Mengatasi Kerusakan TV Samsung Mati Total