Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Berbagai Kerusakan TV LCD Toshiba dan Cara Perbaikannya

Berbagai Kerusakan TV LCD Toshiba dan Cara Perbaikannya - Tak dapat dipungkiri TV Toshiba kini memang menjadi salah satu merk TV yang paling banyak diminati oleh masyarakt. Hal ini mengingat banyaknya inovasi – inovasi terbaru yang selalu disuguhkan oleh Toshiba kepada para pelanggan setianya. Oleh karena itu tak heran jika permintan TV Toshiba semakin meningkat dari waktu – ke waktu. 

Seiring dengan berkembangnya zaman Toshiba selalu memberikan produk terbaiknya. Sama halnya dengan merk TV yang lainnya Toshiba juga memproduksi TV LCD . Seperti yang kita ketahui banyak kini masyarkat yang beralih dari TV tabung ke TV LCD untuk lebih menghemat daya. 

Berbagai Kerusakan TV LCD Toshiba dan Cara Perbaikannya


Meski sudah sangat terkenal akan kwalitas baiknya, namun terdapat beberapa masalah yang kerap ditemui oleh pemilik TV LCD Toshiba. Mulai dari TV yang gagal start, ada garis horizontal dan vertical ketika dinyalakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Agar lebih jelasnya maka berikut ini telah kami rangkum berbagai masalah kerusakan TV LCD Toshiba dengan cara perbaikannya. 

1. LCD Toshiba Power TV Mati Standby 

Permasalahan : Pada kerusakan jenis ini TV Toshiba anda tidak bisa dinyalakan namun tetap pada kondisi stanby. Dimana ketika dinyalakan hanya lampu indikator saja yang akan berkedip. Walaupun di pencet melalui tombol power side yang ada pada TV, maka TV tetap tidak akan mau untuk menyala.

Cara Perbaikan : Permasalahan TV yang tak mau nyala namun tetap dalam kondisi standby seperti ini biasanya adalah karena adanya gangguan pada komponen firmware yang ada didalamnya. Maka cara penyelesaiannya anda harus melakukan pengeflasahan pada TV. Pengeflashan ini bisa dilakukan dengan cara ISP maupun manual. Jika anda tak mempunyai tool yang digunakan untk pengeflashan ISP maka anda dapat melakukan pengeflashan manual dengan cara berikut ini. 

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melepas IC flash LCD pada TV 


Setelah melepasnya maka selanjutnya padang IC flash LCD ke tool eeplus 2. Gunakan jumper kawat email untuk menghubungkan ke ara soket IC eeplus 2. 

Setelah Pengeflashan selesai dilakukan maka lakukan pemasangan kempali IC flas ke main board LCD. 


2. LCD TV Toshiba Gambar Setengah 

Kerusakan : Biasanya pada kasus ini Layar LCD TV Toshiba anda hanya akan mengeluarkan gambar setengah ketika dinyalakan.  Pada bagian kiri akan memunculkan gambar yang bagus sementara pada bagian kanan hanya akan memunculkan sebuah garis vertical atau bahkan hanya white screen. 

Cara Perbaikan : Jika menemukan kerusakan seperti ini maka akan sulit untuk diperbaiki. Salah satu penyebabnya adalah bisa karena adanya  panel screen yang bermasalah. Berikut adalah langkah – langkah untuk memperbaiki. 

Langlah pertama bukalah panel screen dan lepaskan semua board yang ada di body panel screen 
Bersihkan area belakang clean panel kemudian gunakan alat yang bisa digunakan untuk mencongkel. 
Letakkan pada lapisan penutup screen. Perhatikan terdapat nok pada area tersebut. 
Jika sudah terpisah maka akan terlihat dengan jelas kabel penghubung PCP dengan layar screen yang berjumlah 3 buah
Jika kerusakan terjadi pada bagian gambar sebeah kanan maka fokus utama adalah penghubung kabel yang ada pada bagian kanan. Untuk memperbaikinya cukup sederhana anda hanya perlu memanaskan IC yang ada di kabel penghubung PCB dan layar screen. Setelah memanaskan maka TV anda akan kembali pada keadaan yang normal kembali. 

3. LCD TV Toshiba Mati Total 

Kerusakan : TV Toshiba jika dinyalakan tak menunjukkan tanda – tanda kehidupan. Bahkan lampu indikatorpun juga tak menyala sama sekali.

Cara Perbaikan : Untuk mengatasi permasalah yang satu ini hal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa bagian mana yang mengalami kerusakan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan pengukuran yang terdapat diberbagai titik yakni diantaranya pada: 

Fuse/sikring.
Tegangan 300 volt yang berasal dari dioda. 
Dioada penyearah sekunder dengan tegangan 15 volt dan 5 volt. 

Jika ada masalah disalah satu tegangan tersebut maka segera ganti dengan yang baru. Namun jika tak ada masalah maka satu satunya yang belum diukur tegangannya adalah IC strw605. Jika terjadi masalah tegangan pada IC STR W6052 maka segera lakukan penggantian dan TV anda akan kembali normal dan bisa dinyalakan seperti sedia kala. 

Tak dapat dipungkiri banyak sekali permasalahan TV yang kerap menghampiri TV Toshiba. Itulah beberapa permasalah yang sangat sering dimiliki oleh hampir semua pemilik TV Toshiba. Semoga beberpa penjelasan yang telah kemi ulas sebelumnya dapat bermanfaat bagi anda. Namun perlu anda perhatikan meski terkadang permasalahan TV sama bukan berarti cara perbaikannya akan juga sama. Karena terkadang kerusakan tidak terdapat pada komponen yang sama pula. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Berbagai Kerusakan TV LCD Toshiba dan Cara Perbaikannya