Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Jitu Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Cara Jitu Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran - Sebagai perangkat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat tiap harinya, tv tentu sangat rentan mengalami kerusakan. Dimana kerusakan yang dialami oleh tv tersebut dapat disebabkan oleh adanya kerusakan komponen tertentu yang membuat performa tv mengalami gangguan.

Pada umumnya, kerusakan pada tv ini tidak ditandai dengan adanya perubahan bentuk, baik terputus, terputus atau berbagai tandai lainnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tv yang rusak bersifat kasat mata atau juga biasa disebut dengan sort karena tidak memberikan suatu tanda tertentu. Dengan demikian, hal ini tentu menjadi permasalahan tertentu bagi seseorang karena tidak mengetahui bahwa tv-nya mengalami kerusakan.

Cara Jitu Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Biasanya, komponen-komponen tv yang mengalami kerusakan dan ditandai dengan perubahan bentuk dapat disebabkan adanya arus balik atau terletak pada area yang mengalami panas berlebih secara terus menerus. Hal ini berbanding terbalik dengan kerusakan komponen yang mengalami sort. Biasanya, komponen yang mengalami sort akan disebabkan adanya arus yang dapat dikatakan kurang stabil. 

Banyak orang yang mengklaim bahwa komponen tersebut merupakan komponen yang sepele karena memiliki bentuk yang kecil. Hal ini tentu menjadi anggapan yang sangat salah karena sekecil apa pun komponen akan memiliki peranan tersendiri untuk menunjang performa dari sebuah tv.

Banyaknya komponen pada tv membuat kerusakan yang mungkin terjadi pun bisa beragam. Salah satu kerusakan yang sering dijumpai ialah tv tidak bisa menangkap siaran yang biasanya dipengaruhi oleh komponen pengatur frekuensi gelombang atau siaran tv.

Ketika frekuensi gelombang atau siaran tv tidak mampu ditangkap, tentu membuat pengguna tv akan merasa terganggu dan tidak mengalami kepuasan dalam menonton tv. Lantas, bagaimana cara memperbaiki tv tidak bisa menangkap siaran ? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

1. Sebelum melakukan pengecekan komponen tv, hal pertama yang perlu dilakukan ialah melakukan pemeriksaan siaran tv dengan cara auto search atau manual pada menu yang terdapat pada tv. Hal ini dilakukan sebagai solusi jika memang kerusakan tidak bisa menangkap siaran tersebut hanya disebabkan pada program tv, bukanlah disebabkan kerusakan komponen-komponennya.

2. Jika telah melakukan auto search atau manual namun tidak membuat tv mengalami perbaikan, langkah yang perlu Anda lakukan ialah memeriksa komponen yang mungkin mengalami putus atau sudah aus pada kaki-kakinya. Pasalnya, hal ini juga memiliki kemungkinan terganggunya siaran tv.

3. Periksa jalur penghubung yang terdapat pada bagian Tuner dan komponen lainnya yang berkaitan, termasuk diantaranya timah patrian yang sering terlepas.

4. Langkah selanjutnya ialah periksa tegangan arus (B+) yang masuk ke Tuner, yang mana tegangan arus tersebut berada di sekitar 12 volt.

5. Lakukan pemeriksaan terhadap tegangan arus AGC pada tuner. Caranya ialah dengan melakukan auto search ulang pada tv. Jika tegangan pada AGC berjalan dari 0 dan terus naik hingga 3.3 volt, hal ini berarti tuner masih sangat layak pakai. Sebaliknya, jika tegangan tuner tidak mengalami pergerakan sedikit pun atau juga berjalan naik namun sebelum mencapai angka 3.3 volt telah menurun kembali, maka dapat dipastikan bahwa tuner memang sudah rusak dan cara mengatasinya jelas harus melakukan pergantian tuner baru dengan seri yang sesuai.

6. Periksa komponen IF pada tv. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat komponen IF ini memiliki fungsi untk melakukan penguncian frekuensi yang dihasilkan dari tuner.

7. Setelah melakukan pemeriksaan komponen, sebaiknya lakukan pengecekan kembali dengan cara auto search. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa tv telah mampu untuk menangkap siaran.
Demikian cara memperbaiki tv tidak bisa menangkap siaran. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Jitu Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran