Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Memperbaiki Layar TV Samsung Bergaris Horizontal

Cara Memperbaiki Layar TV Samsung Bergaris Horizontal - TV Samsung yang dinyalakan kemudian memunculkan garis horizontal yang cukup banyak dan menghalangi gambar yang tampil ini merupakan salah satu tanda bahwa TV Samsung yang anda miliki sedang mengalami kerusakan. Terdapat beberapa komponen didalamnya yang perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Bagi anda yang mengetahui caranya tentu akan langsung memperbaikinya sendiri. Namun bagi anda yang tak mengetahui sama sekali cara memperbaiki TV Samsung tentu tak ingin ambil pusing dan langsung membawanya ke tempat servis TV. 

Akan tetapi bagi anda yan tak memiliki budget yang lebih untuk membawa TV ketempat servis dan rusaknya pun tak terlalu parah, maka tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membongkar TV anda yang rusak dan memperbaikinya sendiri. Jika anda sudah mulai belajar dan mengetahui bagaimana caranya maka anda akan dapat menyimpulkan bahwa kerusakan TV sebenarnya tidak cukup parah. Biasanya anda hanya perlu untuk mengganti beberapa komponen saja yang terbilang cukup murah harganya. Jika membawa TV anda ketempat servis maka bisa jadi biasaya service dan juga mengganti komponen yang senarnya murah menjadi sangat mahal. 

Cara Memperbaiki TV Samsung Bergaris Horizontal


Pada dasarnya cara memperbaiki TV sangat lah mudah dan tak sulit. Pertama - tama anda hanya perlu meneliti semua komponen dan menemukan bagian komponen yang mengalami masalah. Jika anda sudah menemukannya maka anda dapat menggantinya dengan yang baru. Untuk lebih jelasnya maka simak berikut ini cara memperbaiki TV Samsung bergaris horizontal ketika dinyalakan. 

1. Ketika anda menyalakan TV dan kondisi TV anda sudh telihat bergaris garis horisontal ataupun vertikel, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan TV dan usahakan jangan dinyalakan sebelum TV benar - benar dalam kondisi yang baik. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar TV anda yang sudah mengalami kerusakan tak menjadi rusak lebih parah lagi. Jika kerusakan TV semakin parah maka cara memperbaiki dan biaya untuk memperbaiki tentu akan semakin susah dan semakin besar. Sehingga apabila TV anda sudah memunculkan tanda - tanda kerusakan maka segeralah membongkar TV dan carilah dimana letak permasalahanya. Sehingga jika kerusakan hanya terjadi pada satu atau dua komponen saja anda tinggal menggantinya dan tak membutuhkan biaya yang banyak untuk menggantinya. 

2. Setelah mematikan TV maka segera lakukan pembongkaran pada TV. Namun perlu anda ketahui dalam TV terdapat kapasitor yang biasanya masih menyimpan tegangan yang cukup tinggi meskipun sudah dimatikan, sehingga anda harus berhati - hati.  Hanya sebagai saran sebaiknya anda membongkar TV setelah TV benar benar dalam keadaan yang cukup aman, yakni setelah beberapa jam sejak dimatikan karena TV sudah diapastikan tak akan menumpang tegangan yang tinggi pada kapasitornya. 

3.  Langkah ketiga setelah membongkarnya adalah memerikasa IC pada TV. Apabila gambar TV bergaris biasanya dapat disimpulkan bahwa IC vertical lah yang mengalami kerusakan. Bahkan apabila kerusakannya tersebut sudah cukup parah maka akan terdapat kemungkinan bahwa IC vertical bisa meledak sewaktu - waktu. 

4. Apabila setelah anda periksa IC vertical benar - benar mengalami kerusakan, maka anda dapat segera menggantinya dengan yang baru dan membeli di toko elektronik yang terdekat. Setelah menggantinya dengan yang baru anda dapat mencoba menyalakan TV, aabila TV sudah dapat memunculkan gambar secara normal, maka pekerjaan memperbaiki TV Samsung bergaris horizontal ini sudah selesai. 

5. Akan tetapi jika ketika dinyalakan dan tetap memunculkan garis horizontal maka hal lain yang perlu anda lakukan lagi adalah memeriksa bagian komponen yang bernama ELCO. Hal ini lantaran terdapat kemungkinan besar bahwa ELCO lah yang mengalami kerusakan. Jika memang mengalami kerusakan maka anda dapat menggantinya dengan yang baru kemudian mencoba untuk menyalakan TV kembali dan TV Samsung anda akan normal memunculkan gambar dan tak ada garis horizontal yang menutupinya. 

Itulah cara yang dapat anda lakukan ketika TV Samsung anda mengalami kerusakan layar bergaris horizontal.Semoga langkah – langkah yang telah kami ulas diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk memperbaiki TV. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Cara Memperbaiki Layar TV Samsung Bergaris Horizontal