Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal - TV kini memang menjadi salah satu media hiburan bagi seluruh masyarakat. Salah satu mek TV yang paling populer dan terkenal keawetannya adalah TV Toshiba. Namun meski terkenal awet terdapat salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh pemilik TV Toshiba yakni munculnya garis horizontal ketika TV dinyalakan sehingga membuat anda terganggu ketika menonton TV.

Bagi anda yang tak mengerti mesin TV tentu tak ingin ambil pusing dan langsung membawa TV Toshiba milik anda ke tempat service TV. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya cara memperbaiki TV sangatlah mudah. Anda hanya perlu menemukan komponen TV mana yang rusak. Jika sudah menemukannya maka anda dapat langsung memperbaikinya atau mengganti komponen yang rusak tersebut. 

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

Jika anda membawa TV Toshiba yang rusak tersebut ke tempat service maka akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Sedangkan untuk mengganti komponen yang ada di dalam mesin TV biasanya tidak terlalu mahal. Dengan mengetahui cara memperbaiki TV Toshiba yang bergaris horizontal tentu saja anda akan lebih menghemat biaya dan dapat menggunakan biaya tersebut untuk keperluan yang lainnya.

Untuk mengatasi TV LCD Toshiba yang bergaris horizontal dapat anda mulai dengan memodifikasi sumber tegangan yang menjadi suplai pada bagian row. Hal ini dilakukan dengan mengatur output tegangan IC scan Max 17108. Langkah ini berujuan supaya suplai pada tegangan dapat mendekati nilai yang normal. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pada panel jenis ini tak memiliki FPC untuk scan driver atau raw Driver. Sehinga untuk lebih jelasnya maka simak beberapa tahap yang harus anda lakukan berikut ini.

1. Pastikan tak ada jalur FPC atau columnd yang terbakar sebelum anda membuka seluruh casing panel TV LCD Toshiba. 

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

2. Kemudian periksalah semua tegangan yang terdapat pada output IC power Tcon. Lakukan pengoreksian apabila anda menemukan tegangan yang kurang dari semua system tegangan yang ada.

3. Biasanya permasalahan akan kerap muncul pada bagian IC scan Driver MAx 17108. Ketika diperiksa semua tegangan akan terlihat normal. Akan tetapi ketikan flicker sudah muncul, maka akan terjadi penuruan pada level output di in 13-22, namun nilainya akan tetap konstan di output Ic power /24V. 

4. Setelah itu lakukan pemutusan jalur pin out 21 yang mengarah ke FPC atau panel. Kemudian ukur kembali tegangan tersebut pada kondisi tanpa beban atau saat TV on. Biasanya hasil pengukutan tersebut akan konstan pada pin 21 atau +/- 24V.

5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua pilihan yang mengalami kerusakan yakni pada bagian IC ataupun panelnya yang memang sudah mengalami kerusakan. 

6. Jika panel yang mengalami keruasakan maka hal yang dapat anda lakukan adalah langsung melakukan jumper pada bagian diantara tegangan out IC power dengan jalur in pada FPC atau panel yang telah diputus sebelumnya. Lakukan jumper dengan r 10 ohm sebagai caople atau pengamanan. 

Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal

7. Setelah semuanya selesai maka lakukan percobaan terlebih dahulu. Kemudia amati apa yang terjadi. Jika tak ada jalur di FPC yang terbakat, serta seluruh IC pada Tcon dalam suhu yang cukup stabil dan normal, maka modifikasi anda berhasil dan TV LCD Toshiba anda sudah dalam kondisi normal tidak bergaris lagi. Akan tetapi jika setelah dilakkan modifikasi masi terdapat jalur FPC yang terbakar maka dapat disimpulkan bahwa panel memang sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. 

Demikian langkah - langkah untuk memperbaiki tv lcd toshiba yang bergaris horizontal. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan dapat anda terapkan dengan baik. Namun perlu anda ketahui bahwa kerusakan TV memang memiliki banyak kesamaan, akan tetapi biasanya cara penangannya akan berbeda. Sehingga untuk memperbaiki TV temukan terlebih dahulu komponen yang mengalami kerusakan, baru kemudian cari solusi untuk mengatasinya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Cara Memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal