Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Mudah Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih

Cara Mudah Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih - Di era yang modern ini, televisi atau yang akrab dipanggil TV ini merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dimana ia diklaim sebagai media hiburan karena menayangkan berbagai hiburan yang ditampilkan melalui visual atau gambar.

Hingga saat ini, TV telah mengalami perubahan bentuk yang signifikan. Bentuk TV tempo dulu cenderung memiliki bentuk yang membosankan dengan tidak dilengkapi terlalu banyak aksesoris. Dimana bentuknya masih berupa tabung yang cembung dan sirkuit komponen yang berada di dalamnya dapat dikatakan sangat rumit.

Cara Mudah Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, perkembangan teknologi pada TV mengalami peningkatan yang signifikan. TV dengan bentuk tabung cembung peredarannya sudah mulai musnah di pasaran dan digantikan oleh bentuk TV yang flat atau datar. Bentuk terbaru dari TV ini dapat dikatakan akan memiliki tampilan yang lebih menarik, sehingga tak heran jika minat masyarakat akan bentuk TV terbaru ini mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan tidak sampai disitu saja, saat ini juga telah menjamur keberadaan TV terbaru dengan teknologi termutakhir, yakni TV LCD dan TV LED.

Sebagai TV generasi terbaru, tentu TV LCD dan TV LED memiliki kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan TV generasi sebelumnya. Ia tidak hanya unggul dan menawan dari segi tampilan atau bentuk, melainkan juga unggul dari komponen yang berada di dalamnya. Berbagai komponen yang tertanam di dalam TV LCD dan TV LED cenderung sangat simple dengan daya yang dibutuhkan akan lebih hemat ketimbang TV sebelumnya yang cenderung boros konsumsi listrik.

Meskipun mengusung teknologi terbaru, TV LCD dan TV LED tentu juga tidak bisa terlepas dari adanya kerusakan. Salah satu kerusakan yang dialaminya ialah layar yang tidak mampu menampilkan gambar apa pun atau hanya menampilkan blank putih. Ketika menjumpai kerusakan ini, tentu akan menimbulkan permasalahan yang serius jika tidak segera diperbaiki.

Solusi Cara Mengatasi Layar TV LCD Blank Putih

Lantas, bagaimana cara memperbaiki layar TV LCD blank putih ? Caranya cukup mudah jika Anda tidak ragu untuk melakukan pengecekan komponen TV secara teliti. Berikut langkah-langkah memperbaiki layar TV LCD yang mengalami blank putih yang perlu diikuti dengan baik.

1. Lakukan pemeriksaan pada kapasitor elektrolit PSU terlebih dahulu. Lakukan pula pemeriksaan jalur koneksi pada PSU.

2. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap komponen tersebut, lakukan pemeriksaan pada sekering pico yang terdapat pada bagian papan controller. Jika sekering tersebut menunjukkan nilai ohm yang terbilang tinggi, maka dibutuhkan adanya penggantian terhadap komponen tersebut.

3. Periksa kabel NVDS yang berguna untuk menghubungkan mainbord dengan papan controller.

4. Lakukan pemeriksaan pula terhadap patrian timah yang terdapat pada socket atau koneksi kabel. Jika patrian timah tersebut mengalami keretakan, tentu hal yang perlu Anda lakukan ialah melakukan penyolderan.

5. Lakukan reset kabel ribbon yang berasal dari controller board menuju ke driver board.

6. Langkah yang terakhir ialah melakukan pemeriksaan pada komponen-komponen lainnya yang memiliki keterkaitan dengan papan controller. Dalam hal ini, papan controller juga menjadi salah satu komponen yang juga patut diperiksa untuk memastikan kondisinya masih berada dalam kondisi yang layak atau tidak.

Jika berbagai langkah tersebut telah dilakukan namun tidak memperoleh hasil, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ulang dan lebih teliti agar berbagai langkah dapat dilakukan dengan tepat. Demikian cara memperbaiki layar TV LCD blank putih dari saya. Semoga bermanfaat dan kinerja Anda membuahkan hasil yang memuaskan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Mudah Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih