Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Reparasi Kerusakan TV Samsung Lampu Indikator Berkedip

Kerusakan TV Samsung Lampu Indikator BerkedipTV merk Samsung merupakan salah satu tv yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Namun meski terkenal awet terdapat beberapa kerusakan yang banyak ditemui oleh para penggunanya. Salah satunya adalah tv Samsung yang hanya menunjukkan lampu indikator berkedip dan tak kunjung mengeluarkan gambar ketika akan dinyalakan.

Pada dasarnya LED indikator pada tv Samsung yang menyala ketika tv dinyalakan adalah sebuah proses delay. Dimana ketika tv dinyalakan signal video yang ada didalamnya akan ditunda dalam beberapa menit. Hal ini karena mesin tv melakukan sebuah pemanasan terutama pada bagai CRT atau tabung. Baru setelah pemanasan selesai maka tv Samsung akan langsung menunjukkan gambar dan suaranya. 

Cara Reparasi Kerusakan TV Samsung Lampu Indikator Berkedip

Ketika lampu indikator led pada tv Samsung sudah menyala dan gambar pada tv tak kunjung muncul, ini manandakan bahwa tv anda mengalami sebuah masalah. Biasanya setelah gambar tak muncul lampu indikator akan kembali berkedip - kedip menandakan bahwa tv yang anda nyalakan dalam keadaan standby. Saat anda mencoba untuk switch power maka anda akan menemukan proses yang sama dan TV tetap saja tak mau menyala. 

Untuk memperbaikinya ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memeriksa mana yang mengalami masalah. Untuk itu ssebelumnya tentu anda harus menyiapkan beberapa alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan juga reparasi. Seperti contohnya Multi Tester dan alat pendukung yang lainnya. Sehingga anda aan lebih berkonsentrasi dalam melakukan pemeriksaan dan juga reparasi.

Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Lampu Indikator Berkedip 

1. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah membuka cover dari tv Samsung kemudian membersihkan debu - debu yang ada didalamnya. Tujuan membersihkan debu yang ada didalamnya dalah agar semua komponen yang ada didalamnya dapat dilihat dengan jelas terutama pada bagian jalur PCB .

2. Langkah selanjutnya adalah membuat tv dalam kondisi On untuk mengukur tegangan dari setiap output. Dimana masing masing output tersebut dalam kondisi stanby 125 volt, 16 volt, 12 volt serta 6.5 volt. Selain itu juga jangan sampai lupa untuk menyalakan tegangan 5 volt yang digunakan untuk catu daya Ic program atau CPU. Setelah semua dinyalakan, pastikan semua tegangan telah sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan. 

3.  Saat melakukan pengukuran perhatikan tegangan suply, apakah sudah sesui dengan yang tertera pada papan cirkuit /PCB atau belum. Jika terdapat salah satu tegangan yang tidak cocok maka daat dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada titik tersebut. Misalnya jika tegangan 6.5 volt untuk catu daya travo horizontal hanya terpenuhi sekitar 5 volt maka ketika tv dinyalakan tegangan volt 6.5 yang dibutuhkan seharusnya dapat menurun menjadi 3 volt. 

4. Meski sudah menemukan titik masalahnya, anda dapat melanjutkan pemeriksaan untuk menemukan masalah yang lainnya. Hal ini lantaran banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab turunnya tegangan pada driver horizontal ini. Oscilator horizontal yang tidak bekerja juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Jika Oscilator Horizontal tidak dapat bekerja dengan baik maka kumparan travo driver tak akan berinduksi dengan baik dan mengakibatkan tegangan 6.5 volt akan semakin short. 

5. Untuk mengatasi rangkaian suplay 6.5 volt yang mengalami masalah anda perlu menyisir satu per satu komponen yang berhubungan dengan catu daya yang satu ini. Anda dapat memulainya dengan menggantu semua elco yang ada dengan elco yang baru. Setelah menggantinya anda dapat mencoba untuk menyalakan tv 

6. Jika setelah mengganti elco tv sudah bisa menyala maka masalah akan selesai. Namun jika tetap masih tak mau menyala hal lain yang dapat anda lakukan adalah memeriksa daerah dioda penyearah yang ada di trafo switcing dioda utama 6 A. Anda dapat melepas dioda utama 6 A dari PCB dan mengukurnya dengan ohm meter. Jika ohm meter menunjukan dioda utama 6 A dalam kondisi yang sangat baik maka anda harus melakukan langkah selajutnya. 

7. Lakukan hal yang sama pada dioda kecil 1A yang terhubung seri dengan dioda 6A. Jika tetap masih normal anda dapat mengganti dioada utama 6A dan dioda kecil 1A dengan dioda yang baru. 

8. Setelah mengganti seluruh diodanya anda dapat mencoba untuk menyalakan tv dan tv anda akan menyala setelah lampu LED berkedip. 

Meski diukur dengan alat ohm meter dioda dalam kondisi yang sangat normal, namun anda tak dapat percaya begitu saja dengan alat pengukur tersebut. Untuk membuat pengerjaan reparasi lebih mudah, anda dapat mengganti komponen - komponen kecil yang diperkirakan rusak dengan komonen yang baru sehingga tv Samsung anda akan segera pulih dan dapat memberikan hiburan kembali pada anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Cara Reparasi Kerusakan TV Samsung Lampu Indikator Berkedip