Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Jenis Kerusakan TV LCD/LED Samsung Mati Total dan Solusinya

Jenis Kerusakan TV LCD/LED Samsung Mati Total dan Solusinya - TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang hampir digunakan tiap hari sebagai sarana hiburan. Dimana ia berperan sebagai media komunikasi yang ditunjukkan secara visual atau gambar. Tidak hanya hiburan, saat ini TV telah menampilkan berbagai hal, contohnya berita, sehingga masyarakat tidak haus akan informasi dari seluruh dunia.

Namun sayangnya, seperti perangkat elektronik lainnya, TV juga sangat rentan mengalami kerusakan meskipun telah digunakan sebagaimana mestinya. Dimana untuk TV versi lawas, akan cenderung ribet untuk memperbaikinya. Namun, saat ini telah hadir TV LCD atau LED yang memiliki bentuk lebih simpel, begitu pula berbagai komponen yang ada di dalamnya. 

Jenis Kerusakan TV LCD/LED Samsung Mati Total dan Solusinya

Salah satu perusahaan yang memproduksi TV LCD atau LED ialah Samsung. Dimana seri TV LCD atau LED dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut cukup beragam, diantaranya LCD 40 inchi dan 32 inchi. Hampir sama dengan perangkat elektronik lainnya, TV ini juga dapat mengalami berbagai kerusakan jika ada kesalahan dalam pemakaiannya. Salah satu kerusakan yang dialaminya ialah mati total. 

Kerusakan mati total pada Samsung LCD 40 inchi ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal, bisa saja fuse putus atau IC regulator 3BR1065 dan sebuah chip zener diode yang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu dilakukan ialah melakukan modifikasi pada TV dengan menggunakan Universal power supply.

Berikut solusi terhadap kerusakan TV LCD atau LED Samsung 40 inchi yang mati total :

1. Setelah sirkit PFC dinonaktifkan dalam pemeriksaan komponen, aktifkan kembali sirkit tersebut untuk membuat FET power backlight kembali memperoleh tegangan suplay 385.

2. Sebaiknya lakukan pergantian sirkit Universal power suply dengan sirkit baru dengan tegangan 300v. Dimana ditambahkan sebuah diode penyearah dan sebuah elko 100u/400v.

3. Pada dasarnya, melakukan pergantian sirkit Universal power suply juga dapat dilakukan dengan mengganti sirkit baru tanpa melalui modifikasi. Namun, par pengganti dari komponen tersebut cenderung sangat susah dicari, sehingga solusi terbaiknya ialah melakukan modifikasi.

Sedangkan untuk kerusakan TV LCD Samsung 32 inchi yang mengalami mati total juga disebabkan dengan berbagai hal, bahkan kemasukan benda yang cukup mungil pun akan membuat komponennya mengalami korosi dan rusak. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya periksa STRW6025 IC PFC driver SEM3040 karena bisa saja mengalami kerusakan. 

Berikut solusi terhadap kerusakan TV LCD atau LED Samsung 32 inchi yang mati total :

1. Matikan sirkit PCF dengan melepaskan IC driver dan power FET.

2. Pasanglah kabel biru sesuai dengan petunjuk pemasangan dari Universal power supply. Caranya ialah pasangkanlah pada photo coupler yang bersinggungan dengan LTP431. Dimana komponen tersebut bertindak sebagai sensor error tegangan 5v.

3. Selanjutnya, tambahkan beban resistor 22 ohm 2w pada tegangan 5v. Hal ini dilakukan karena jika tidak ditambahkan beban, maka hasilnya tidak akan stabil.

4. Setelah diberi tambahan resistor, hasil tegangan yang keluar tepat 5v dan 13v pada posisi VR minimum.

5. Buatlah sebuah pendingin tambahan yang dirancang untuk Universal power supply.

Untuk mengatasi kerusakan mati total pada TV LCD atau LED, baik pada TV LCD berukuran 40 inchi atau pun 32 inchi, mematikan fungsi PFC diklaim sebagai solusi terbaik untuk membuat pemakaian daya listrik akan sedikit naik. Sedangkan jika PFC tersebut diaktifkan, nampaknya hal ini berisiko cukup besar. Pasalnya Universal power supply modifikasi biasanya memiliki tegangan input 300v, bukan lagi tegangan 385v.

Demikian tips untuk mengatasi kerusakan TV LCD/LED Samsung yang mati total. Untuk melakukan perbaikannya, tentu dibutuhkan adanya ketelatenan dan kehati-hatian agar percobaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Selamat mencoba.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Jenis Kerusakan TV LCD/LED Samsung Mati Total dan Solusinya