Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara TV Yang Hilang

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara TV Yang Hilang - TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Dimana ia diibaratkan sebagai media komunikasi jarak jauh yang memanfaatkan media visual atau penglihatan. Ketika pertama kali dirilis, tv tersedia dengan gambar yang monokrom (hitam putih), namun seiring berjalannya waktu telah diluncurkanlah tv dengan gambar yang berwarna, sehingga para pengguna akan lebih menikmati layanan atau program tv yang disuguhkan.

Hampir sama dengan perangkat elektronik lainnya, tv juga merupakan suatu perangkat yang sangat rentan mengalami kerusakan. Meskipun telah berhati-hati dan menggunakannya sesuai kebutuhan, namun kerusakan tidak bisa bisa dihindari. Salah satu kerusakan yang sering dijumpai pada tv ialah suaranya yang tiba-tiba menghilang.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara TV Yang Hilang


Kerusakan suara pada tv tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Perbedaan penyebab kerusakan tentunya membuat penanganan atau cara mengatasinya akan berbeda pula. Penyebab pertama dari hilangnya suara tv ialah kerusakan pada loudspeaker.

Pada kasus kerusakan loudspeaker pada tv biasanya mengakibatkan tv tidak mampu mengeluarkan suara apa pun. Hal ini disebabkan putusnya kumparan speaker yang mengakibatkan sinyal listrik yang berasal dari output ic soun amplifier atau ic pengeras tidak berubah menjadi sebuah magnet statis yang biasanya berguna untuk menggerakkan membran speaker. Cara memperbaiki suara tv yang hilang karena disebabkan kerusakan loudspeaker tentu harus melakukan pergantian speaker yang baru.

Hilangnya suara tv juga dapat disebabkan oleh kerusakan IC Power. Penyebab yang satu ini memang sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab rusaknya tv. Nah, jika ditemui IC Power nampak berubah warna atau terbakar, gantilah dengan IC power yang baru. Selain itu, pastikan pula bahwa seluruh komponen yang mendukung performa dari IC power dalam kondisi yang baik.

Selain itu, hilangnya suara tv juga dapat disebabkan adanya perubahan tegangan catu daya IC suara. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantarnaya ialah dioda yang putus atau bocor atau pun shot, resistor yang putus atau bisa juga disebabkan jalur PCB yang putus. Untuk mengatasi hal ini, tentu diperlukan adanya pergantian komponen, serta melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi.

Cara Memperbaiki Suara TV Yang Hilang

Penyebab hilangnya suara tv lainnya ialah adanya kerusakan pada IC Chroma atau terputusnya transistor pada inputnya. Jika dijumpai kerusakan karena hal tersebut, tentu perlu adanya pergantian terhadap komponen yang baru dengan seri yang sama. Suara tv yang mendadak hilang juga dapat disebabkan adanya keretakan pada timah patrian. Ini merupakan suatu penyebab yang sangat sering dijumpai. Cara mengatasinya ialah dengan melakukan penyolderan ulang pada seluruh bagian timah yang mengalami keretakan, serta pada komponen yang sering mengalami panas berlebihan. Untuk masalah suara, biasanya akan berhubungan dengan IC Sound Amlifier dan IC Chroma.

Selain kerusakan pada komponen tv, hal yang membuat suara tv hilang mendadak adalah perubahan pengaturan pada menu factory. Mungkin, si pengguna sendiri mengaku tidak pernah melakukan perubahan terhadap menu, namun hal ini bisa saja terjadi karena terpencet atau dilakukan secara tidak sengaja. Hilangnya suara tv biasanya disebabkan nilai pada sub volume kosong atau berada dalam angka 0. Untuk mengatasi hal ini, melakukan pengaturan ulang dengan meriset ulang sub volume yang dimiliki tv tersebut.

Demikianlah berbagai cara mengatasi suara tv yang hilang dengan disesuaikan oleh penyebab kerusakan pada tv. Ketika tv mengalami kerusakan pada suaranya, hal terbaik yang perlu dilakukan memang melakukan pengecekan pada seluruh komponennya terkait dengan suara.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Penyebab dan Cara Mengatasi Suara TV Yang Hilang