Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Perbaikan TV LED LG Layar Gelap Namun Suara Normal

TV LG Layar Gelap Suara Normal - TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang rentan mengalami kerusakan, terutama pada TV yang memiliki bentuk datar atau flat, yakni TV LED. Meskipun memiliki komponen yang simpel, namun kerusakan dari TV jenis ini tidak dapat dihindari. Pada kasus LED TV LG sendiri banyak kerusakan yang dialami, salah satunya ialah layar yang gelap tanpa gambar namun suaranya normal.

Pada umumnya, penyebab dari kerusakan TV LG tersebut ialah tidak berfungsinya panel LED yang berfungsi sebagai pencahayaan latar pada layar LCD. Ketika menyinggung mengapa kasus ini sering terjadi pada jenis TV LED, hal tersebut disebabkan TV LED memiliki pencahayaan layar diperoleh dari nyala lampu LED yang disusun secara seri. Oleh karena itu, ketika ada satu buah LED yang mati, tentu akan berimbas pada kondisi layar dan menampilkan layar yang gelap.


Perbaikan TV LED LG Layar Gelap Namun Suara Normal

Cara Mengatasi TV LG Layar Gelap Suara Normal

Pada TV LED LG, layar yang gelap namun tetap memiliki suara yang normal biasanya disebabkan adanya gangguan shot pink G2 ke G1 pada CRT Slim 21, sehingga mengakibatkan adanya tegangan pada grip Screen. Untuk mengatasi hal ini, cara yang dapat Anda lakukan ialah menemak pin G2, serta melakukan pengecekan ulang terhadap hubungan antara pink CRT mulai dari kiri ke kanan atau searah dengan jalannya jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C. 

Ketika diperiksa, memang ada G2 memang belum short ke G1 namun adapula yang telah short. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya melepaskan berbagai komponen, mulai dari kabel screen, kabel fokus disoket CRT dan kapasitor screen. Selain itu, persiapkan pula seutas kabel dan saklar on/off mekanik.

Langkah-langkah perbaikan TV LED LG layar gelap namun suara normal :

1. Solderkan ujung kabel ke titik Screen kaki soket CRT atau juga dapat dihubungkan dengan tegangan 180 volt.

2. Kemudian, solderkan ujung kabel lainnya pada kaki saklar on/off mekanik.

3. Lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan bahwa langkah tersebut telah benar adanya secara teliti.

4. Hidupkan TV seperti biasanya.

5. Untuk kabel fokus dari soket CRT yang telah dilepaskan, solderkanlah pada satu kaki lainnya saklar on/off. Tujuan dari penggunaan saklar on/off mekanik ini ialah untuk memutus dan menyambungkan aliran tegangan fokus. Dimana tegangan fokus tersebut nantinya bakal disuntikkan ke titik Screen agar G2 dapat terlepas dari G1.

6. Matikan TV LED terlebih dahulu dan lihat apakah gambar dari TV LG tersebut telah keluar. Pasalnya, jika tabung G2 berada dalam keadaan normal dan tidak putus, maka dapat dipastikan gambar akan kembali muncul secara normal. Namun jika pin G2 tersebut mengalami putus dan mengalami gangguan, maka layar TV LED LG pun akan tetap gelap dan tidak menampilkan gambar apa pun.

Perlu diketahui, tegangan fokus yang diperoleh saat FBT tersebut mampu bekerja hingga lebih dari 500v. Dalam hal ini, tegangan tersebut masih dapat dikatakan masih ideal untuk merontokkan kotoran yang berasal dari debu halus yang mungkin terjadi pada grip G2 atau pun G1.

Demikian tips untuk memperbaiki TV LED LG yang dapat kami berikan dan dapat Anda lakukan ketika layar dari TV tersebut gelap dan tidak menampilkan gambar apa pun, sedangkan suaranya masih normal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Perbaikan TV LED LG Layar Gelap Namun Suara Normal