Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Solusi Cara Memperbaiki TV Samsung Gagal Start

Solusi Cara Memperbaiki TV Samsung Gagal Start - Kerusakan pada tv samsung pada dasarnya memang cukup banyak sekali jenisnya, semua tergantung dengan apa komponen yang menjadi sumber masalahnya. Komponen tv yang rusak biasanya mengalami beberapa masalah seperti, sort, putusnya jalur pada onboard atau PCB dan bahkan bisa jadi terbakar. Tak dapat dipungkiri daya tahan setiap komponen yang ada pada tv memang sangat sulit untuk diprediksi secara akurat oleh kebanyakan orang. Hal ini lantaran biasanya daya tahan atau keawetan sebuah komponen akan tergantung pada cara penggunaan masing - masing orang. 

Jika memiliki komponen yang sangat bagus dan berkwalitas namun penggunaannya sangat tidak teratur maka komponen berkwalitas tersebutpun juga akan cepat mengalami kerusakan, begitu pula sebaliknya ketika komponen digunakan dengan baik akan sangat awet. Sehingga dalam pemilihan sebuah komponen tv tak cukup hanya berkwalitas saja namun juga harus diiringi dengan penggunaan yang baik. 

Solusi Cara Memperbaiki TV Samsung Gagal Start


Pada umumnya sebuah tv akan dikatakan dalam kondisi yang sangat baik jika ketika menyalakan tv maka tv akan berjalan dengan sangat lancar mulai dari ketika pertama menghidupkan hinga mematikan kembali tv tak mengalami sebuah masalah. Akan tetapi jika ketika baru menyalakan tv dan tv tidak mau menyala maka dapat dipastikan bahwa tv yang anda miliki sedang dalam masalah dan butuh sebuah perbaikan. Biasanya permasalahan tv samsung yang sering ditemui oleh para pemilknya adalah tv gagal melakukan start dengan normal. Bagi kebanyakan orang yang tak mengetahui tentang komponen tv tentu akan langsung membawanya ke tempat servis. 

Namun kini tak ada salahnya bagi anda untuk memulai memperbaiki tv anda sendiri dan menghemat uang yang digunakan untuk service tv tersebut. Hal ini karena biasanya kerusakan yang dkarenakan tv tidak bisa atau gagal start hanyalah kerusakan yang ringan dan hanya perlu mengganti beberapa komponen yang terbilang memiliki harga yang cukup murah. Untuk lebih jelasnya maka simak langkah - langkah memperbaiki berikut ini. 

1, Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melepas casing balakang tv. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam memeriksa komponen mana yang mengalami kerusakan. 

2. Kemudian langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian tv dari debu - debu yang biasanya melekat. 

3. Setelah semua bersih lakukan pemeriksaan pada masing - masing tegangan arus yang keluar dari sebuah regulator. Pastikan tegangannya dalam kondisi normal ataukah tidak. 

4. Selain tegangan yang keluar dari regulator jangan lupa untuk memeriksa juga pada bagian jalur onboard atau PCB. Apabila terdapat salah satu jalur yang putus atau tidak konek dengan baik maka lakukan penyambungan. Selain itu apabila terdapat timah patrian yang terlepas maka anda juga harus langsung melakukan penyolderan ulang. 

5. Langkah selanjutnya periksa komponen yang terdpat di blok atau daerah IC Croma. Hal ini lantaran pada daerah tersebut lah perintah awal start tv dimulai. Dimana cara memeriksanya adalah dengan mengukur tegangan arus pada IC yang besarnya dapat mencapai 5-12 volt .

6. Periksa transistor yang menjadi jalur penghubung antara start output dari IC Croma menuju plynack. Apabila terjadi sebuah kerusakan maka gantilah komponen tersebut. 

7. Setelah melakukan pemeriksaan dengan pengukuran tegangan serta penggantian dibeberapa komponen maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan pengetesan pada tv yang telah aanda perbaiki. Jika tv sudah dapat menyala dengan normal maka anda telah berhasil memperbaikinya sendiri. Namun jika belum lakukan pemeriksaan yang telah dijelaskan sebelumnya dengan lebih detail dan spesifik lagi.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tv samsung yang gagal start. Semoga beberapa langkah tersebut dapat anda terapkan dengan baik dan bermanfaat bagi anda. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Solusi Cara Memperbaiki TV Samsung Gagal Start