Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Ampuh Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala - Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja alat elektronik berupa televisi sudah bukan lagi hal yang asing untuk kita dengarkan. Televisi merupakan sebuah media informasi yang menyajikan banyak informasi, berita, hiburan secara real time dan cukup memberikan hiburan bagi para pemiliknya. Oleh karena itulah, hampir disetiap rumah sudah pasti ditemui adanya televisi. 

Kerusakan pada televisi sendiri sering kali ditemukan. Umumnya, ada beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada televisi dan bukan hal yang tidak mungkin jika kerusakan ini bisa diperbaiki tanpa harus membeli yang baru. Salah satu kerusakan yang cukup mengkhawatirkan apalagi di kalangan orang yang awam akan komponen dalam televisi adalah keadaan tv mati total lampu indikator tidak menyala

Cara Ampuh Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Tentu saja, ketika menemui televisi dalam keadaan seperti ini cukup mengkhawatirkan, maka sebagian orang akan menganggap bahwa televisi mereka sudah benar-benar rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki sehingga harus menggantinya dengan yang baru. Namun, setelah membaca artikel ini, janganah buru-buru untuk memikirkan hal demikian. Perlu anda ketahui bahwa memang ada cara untuk memperbaiki keadaan televisi yang aneh seperti ini. 

Sebenarnya, kerusakan televisi dalam keadaan mati total ini sering kali terjadi dan ditemukan dalam beberapa kasus di lingkungan masyarakat. Pada umumnya, cara memperbaiki televisi untuk banyak merk seperti LG, Sharp, Samsung dan merk ternama lainnya tidaklah memiliki perbedaan yang cukup signifikan, semuanya hampir sama. Ada cara untuk dapat memperbaiki televisi yang mati total untuk semua merk televisi ini. 

Untuk memperbaikinya, tentu saja langkah pertama yang dilakukan adalah melihat atau mengecek bagian dalam komponen tv tersebut, tentu saja anda harus melepaskan casing TV dan dalam hal ini bukanlah perkara yang cukup sulit, namun perlu kehati-hatian. Setelah casing dilepas, maka langkah selanjutnya adalah mengukur komponen-komponen yang ada dalam rangkaian televisi itu. Anda harus melepaskan mesin televisi dari tabungnya. Hati-hati dalam langkah ini, jangan sampai usaha untuk memperbaiki malah berujung televisi semakin rusak. 

Kerusakan televisi yang mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala biasanya disertai ciri lain yaitu tidak adanya tegangan atau nol volt ketika melakukan pengukuran tegangan. Ciri lainnya bisa saja ketika anda melakukan pengukuran tegangan pada elco 450 V di bagian regulator tegangannya juga nol volt/

Analisa berikutnya, merupakan penyebab dari kerusakan televisi seperti ini. Biasanya kerusakan ini disebabkan oleh karena komponen bagian regulator yang sudah rusak, lebih khusus pada penguat regulator, resistor serta dioda. Untuk memperkuat regulator bisa memakai IC STR atau transistor. Penguat rusak ini biasanya disebabkan karena komponen satu jalur dengan penguat yang rusak juga, dalam hal ini anda perlu melakukan pengecekan satu per satu supaya bisa ditemukan hasil analisa penyebab kerusakannya.

Dalam kasus lain biasanya kerusakan seperti ini terjadi karena sekringnya putus, dalam hal ini anda dapat mengganti fusenya lalu cek kembali power supply untuk memastikan tidak ada yang short. Selanjutnya, perhatikan tegangan 5v yang menuju ke IC kontrol untuk memastikan tidak ada short, untuk memperbaikinya coba saja buka kaki vcc IC kontrol supaya tidak short. Jika ditemukan IC kontrol yang rusak maka gantilah IC kontrol dan zener 5vnya, cara seperti ini ampuh untuk menghidupkan kembali televisi yang mati total.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Ampuh Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala