Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Mengecek IC Vertikal Yang Rusak Dengan Mudah

Cara Mengecek IC Vertikal Yang Rusak - Mengecek IC vertikal mungkin bukanlah perkara sulit bagi sebagian orang yang sudah mahir dalam dunia teknisi servis televisi, namun bagi sebagian orang lainnya yang masih awam bahkan pemula dalam hal membenahi televisi bisa jadi proses pengecekan ini akan memakan waktu lama serta masih ada keraguan karena kurangnya pengetahuan serta pengalaman dalam hal tersebut. 

Oleh karena itulah anda membutuhkan informasi cara mudah untuk dapat membantu anda dalam melakukan pengecekan terhadap IC vertikal televisi, supaya tidak menemukan kesalahan nantinya ketika melakukan service terhadap televisi yang sedang rusak dan bermasalah. Sebenarnya, ada banyak penyebab dari televisi bermasalah, salah satu yang bisa dicek adalah bagian IC vertikalnya yang juga merupakan komponen rentan terhadap masalah. 

Cara Mengecek IC Vertikal Yang Rusak Dengan Mudah

Sebagaimana diketahui, bagian vertikal dalam televisi ini memang sering kali mengalami kerusakan. Tepat sekali anda membaca artikel ini karena akan memberikan informasi terkait dengan cara pengecekan IC vertikal pada televisi yang sedang rusak atau bisa juga pada televisi yang tak memiliki masalah. Berikut caranya :

1. Periksa Pendingin IC vertikal ketika TV pertama Dihidupkan.

Hal ini merupakan langkah awal yang penting untuk dilakukan ketika anda ingin mengecek IC vertikal pada televisi. Langkah seperti ini cukup mudah untuk mengetahui deteksi dini apakah IC vertikal tersebut rusak atau tidak. Ketika televisi pertama dihidupkan seharusnya IC Vertikal tidak langsung panas seketika, panas terjadi secara bertahap. Namun ketika dicek bagian pendingan tersebut langsung terasa sangat panas maka bisa jadi kerusakan ada pada IC vertikalnya.

2. Mengukur tegangan pada Vcc IC vertikal.

Pengecekan selanjutnya yang bisa dilakukan pada televisi untuk memastikan IC vertikal rusak atau tidak adalah mengukur tegangan Pin Vcc (B+) IC vertikalnya. Tegangan pada Pin tersebut berkisar 24 VDC. Ketika anda mengukur, namun tidak ada tegangan, cobalah lepas Pin Vcc IC tersebut, apabila dilepas kemudian ada tegangan maka IC Vertikal ini bisa jadi sudah rusak. 

3. Cek Body IC Vertikal.

Berikutnya, untuk mengecek IC vertikalnya anda bisa melakukan pengecekan langsung pada bagian body IC Vertikal. Perhatikan penampakan IC Vertikal ini, apabila terlihat ada retak, hangus bahkan kondisi seperti terbakar maka bisa dipastikan IC vertikal anda rusak dan harus diganti. 

4. Mengukur tegangan Output IC Vertikal.

Tegangan pada Pin ini berada sekitar 16 VDC, ketika anda mengukur B+ Vertikal terdapat tegangannya kemudian tegangan tersebut dari oscillator yang ada pada IC Croma juga sampai pada Pin IC Vertikal, namun yang terjadi IC vertikal tidak ada tegangan outputnya. Maka bisa dipastikan IC vertikal anda rusak.

Itulah sedikit informasi dan ilmu yang mungkin perlu anda ketahui ketika melakukan pengecekan pada ic vertical yang rusak , orang yang ahli dalam bidang teknisi tentu saja mengetahui hal tersebut. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Cara Mengecek IC Vertikal Yang Rusak Dengan Mudah