Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Mudah Memodifikasi Power Amplifier OCL 150 Watt

Cara Memodifikasi Power Amplifier OCL 150 Watt - Ilmu teknisi alat-alat elektronik contohnya saja seperti pada perangkat televisi memang tidak dimiliki oleh semua orang, tidak semua orang mengetahui dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada televisi, seperti misalnya televisi tidak beroperasi sebagaimana semestinya, layarnya mengalami masalah sehingga tidak mengeluarkan gambar, bisa timbul masalah pada bagian audionya yaitu muncul gambar namun tidak keluar suara hingga masalah-masalah lainnya yang cukup sulit dijangkau termasuk pada masalah amplifier. 

Sebelumnya, kita akan belajar tentang apa itu amplifier. Amplifier sendiri bisa disebut sebagai penguat, merupakan rangkaian dari komponen elektronika yang bisa digunakan untuk dapat memperkuat daya atau tenaga secara umumnya. Power amplifier juga bisa dikatakan sebagai penguat akhir dari bagian sistem tata suara yang nantinya berfungsi untuk memperkuat sinyal audio yang pada dasarnya adalah penguat tegangan serta arus dari sinyal audio, tujuannya adalah untuk melakukan penggerakan pengeras suara atau yang disebut sebagai loud speaker. 

Cara Mudah Memodifikasi Power Amplifier OCL 150 Watt

Pengertian lain dari power amplifier adalah komponen penguat akhir sehingga tidak lagi dilengkapi oleh pengatur nada, sementara untuk amplifier sendiri didalamnya terdiri dari pengatur nada serta power amplifier. 

Dalam hal ini, power amplifier bertugas untuk dapat mendorong sinyal yang sudah diolah preamp untuk dapat iteruskan ke bagian speaker, pada umumnya amplifier yang dikenal adalah 30, 40, 50, 90 , 100, 120, 200 , 300 watt  dan seterusnya. Angka tersebut merupakan kekuatan daya dorong yang dimiliki oleh power tersebut, namun hal itu tidaklah murni.

Ada banyak rangkaian Power Amplifier yang ada di pasaran dan siap untuk dijual belikan, terdiri dari banyak jenis, merek serta bentuk Power Amplifier yang berbeda. Seperti Power Amplifier OCL,Power Amplifier BTL, Power Amplifier Stereo dan ada juga Power  Amplifier Mono. Kemudian, untuk jenis Power Amplifier tersebut, bisa dibagi atas kualitas audio atau suaranya yang sengaja dibuat dengan kelas standar.

Namun dalam artikel kali ini, kami akan memberikan anda cara untuk melakukan modifikasi pada amplifier OCL 150 Watt yang cukup umum digunakan oleh banyak perangkat media alat elektronik. Kegiatan semacam ini secara umum sering kali dilakukan oleh teknisi elektronik untuk mendapatkan kualitas audio yang semakin mantap ketika menemukan hal yang tidak puas pada amplifier yang dimiliki. 

Amplifier OCL 150 Watt memang bisa dilakukan modifikasi, biasanya modifikasi yang dilakukan adalah untuk sound lapangan dengan mengganti beberapa komponen yang ada supaya dapat disupply dengan tenaga yang lebih dari 54 VCT atau High Voltage, yang bertujuan untuk memperoleh suara bass lebih baik lagi. 

Sebelumnya, ada beberapa komponen yang perlu dipersiapkan sebelum anda melakukan modifikasi sebagai berikut :

Elco 22uf 50V 6 buah
Elco 10uf 50V 2 buah
Capasitor 220n 2 buah
Capasitor 10n 2 buah

Setelah semua bahan telah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah memodifikasi Power OCL 150 Watt hingga bisa menghasilkan suara bulat, bening, bersih serta nyaring dan bass yang begitu berkualitas. Untuk memodifikasinya, ada beberapa komponen yang perlu anda gantikan, lebih jelasnya perhatikan langkah berikut :

1. Mengganti 3 buah elco yang ada ke 22uf 50V, sebelumnya bagi amplifier yang original menggunakan 47uf 50V, elvo yang diganti terdiri dari enam buah, gantilah pada bagian sudut-sudut power OCL, sementara pada bagian bawah tengah-tengahnya bukanlah untuk 22uf 50V.

2. Gantilah elco yang terletak dibawah tengah tersebut dengan 10uf 50V, dimana yang asli berupa 47uf 50V, terdapat dua buah pada channel Left dan Right.

3. Masukan capasitor 100n yang berwarna hijau, gantilah dengan 22n (223J100V), terdapat dua buah bass lantang yang cukup mantap dan bersuara bulat seperti suara organ tunggal di panggung besar, gantilah dengan 220n (224J100V).

4. Selanjutnya pada bagian resistor, inputkan 100K paralelkan dengan kapasitor 10n (103J100V), solder ke bagian belakang. Berikutnya, pada bagian Power Supply, Elco minimal 2 x 4700uf/80V.

Nah itulah cara singkat yang bisa anda gunakan untuk dapat memodifikasi power amplifier OCL 150 Watt, mudah bukan caranya? Semoga anda bisa menggunakan cara diatas untuk memodifikasi power amplifier sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Mudah Memodifikasi Power Amplifier OCL 150 Watt