Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Mudah Memperbaiki TV Dominan Warna Merah

Cara Mudah Memperbaiki TV Dominan Warna Merah - Televisi merupakan salah satu media informasi dan juga hiburan yang saat ini dimiliki hampir setiap rumah. Bahkan di jaman yang serba canggih ini, ada banyak inovasi baru dikembangkan oleh para vendor televisi untuk membuat penampilan televisi baru dan semakin berteknologi tinggi. TV Tabung merupakan inovasi jaman dulu yang kini mulai ditinggalkan oleh kehidupan modern. Namun meskipun begitu tak menampik bahwa masih ada sebagian besar orang dalam ekonomi menengah ke bawah cenderung memilih televisi tabung. 

Sebagai media elektronik, tentu saja sama dengan alat elektronik rumah tangga lainnya, yaitu Televisi (TV) bisa saja mengalami masalah, kerusakan ataupun gangguan. Dalam hal ini anda tidak perlu panik karena beberapa permasalahan yang sering kali ditemui pada televisi bisa diatasi sendiri tanpa harus membeli produk yang baru sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. 

Cara Mudah Memperbaiki TV Dominan Warna Merah

Salah satu masalah yang sering kali ditemui pada televisi terutama pada televisi kabel ialah layarnya yang menjadi merah, atau layar blank dan berubah warna menjadi warna merah. Permasalahan seperti ini tentu saja menjengkelkan karena akan mengganggu aktivitas menonton TV pemiliknya. Apalagi jika ada program televisi kesayangan yang biasanya ditonton setiap hari. 

Biasanya permasalahan yang sering ditemui pada televisi sistem CRT atau TV merek lainnya adalah adanya layar blank merah terang bahkan disertai oleh garis-gais putih tipis yang tentu membuat khawatir jika baru pertama menjumpai nya. Pada umumnya, kejadian TV dengan layar blank merah terang tersebut terjadi apabila terdapat hubung-pendek pada katoda warna merah (RK) pada tabung layar TV CRT.

Namun, hal yang sering kali menjengkelkan adalah kejadian masalah sedemikian ini terlihat hanya terjadi dalam sewaktu-waktu, tidak secara terus menerus namun ada juga kasusnya yang terjadi secara terus menerus. Jika terjadi sewaktu-waktu maka akan lebih merepotkan lagi untuk memperbaikinya, sehingga TV menjadi rewel. 

Perlu diketahui bahwa pada setiap katoda televisi memiliki potensial yang lebih tinggi bisa sampai 100 V atau bahkan diatasnya. Namun, potensial tersebut mengalami arus pendek atau short ke potensial ground, seingga elektron-elektron yang ditembakkan dari katoda ke anoda yang ada dalam tabung CRT akan mengalami kelebihan seperti yang ditentukan, hal inilah yang kemudian menyebabkan energi EHT yang dialirkan ke anoda dari trafo flyback praktis hanya terlimpahkan kesini, warna tampilan pada layar menjadi lebih banyak warna dari katoda yang mengalami short tersebut atau warna merah. 

Untuk memperbaiki permasalahan televisi dengan layar merah seperti ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, terutama kita harus melakukan pengecekan pada televisi tersebut, setelah dicek baru akan ketahuan permasalahan yang ada dan bisa ditemukan bagaimana solusinya. 

Pengecekan yang pertama adalah pada bagian tegangan 180v di soket RGB yang terletak pada tabung katoda berwarna R atau red tersebut. Awalnya, kita tes dengan menghidupkan televisi, kemudian avo meter diposisikan 250v DC, perhatikanlah tegangan yang keluar, dapat dilihat pada tester. Dalam keadaan normal seharusnya tegangan bisa keluar antara 100v sampai 130v, apabila kondisinya lebih dari itu maka anda bisa memeriksa transistor drivernya. 

Mulanya, matikan televisi kemudian lepaslah transistornya, tes dengan avo meter posisi ohm, apabila mati maka gantilah dengan yang baru atau diganti dengan transistor punya lampu yang tipenya dk13002, dk13005, c2611 dan lainnya. Apabila tegangan normal, maka selanjutnya anda bisa mengetes bagian tabung televisi. Caranya adalah melepas resistor yang sudah masuk ke skoet di bagian R atau red, jemper kaki soket R ke GND dengan resistor 10K, lalu nyalakan mesin TV, perhatikan gambar yang keluar di layar. Apabila tampilan layarnya berwarna merah terang, itu berarti tabungnya masih bagus, namun jika gambarnya masih tidak ada warna merah berarti tabung sudah rusak. 

Kasus lainnya bisa jadi gambar pada layar televisi tidak berwarna merah terang namun bukan berarti tabung rusak, dalam keadaan ini, tabung masih bisa digunakan caranya adalah disemprotkan dengan tegangan fokus dari fly beck. Langkah selanjutnya untuk mengetes televisi adalah melakukan tes pada tegangan di bagian output chrome tegangan, di bagian ini bisa dilakukan pengecekan antara 1v sampai 3v. 

Demikian yang bisa dilakukan untuk dapat memperbaiki televisi yang layarnya berubah menjadi warna merah. Semoga artikel ini bermanfaat dan masalah anda teratasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Mudah Memperbaiki TV Dominan Warna Merah