Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Cara Mengukur Flyback Dengan Multitester dan Mengecek Kerusakan Flyback

Cara Mengukur Flyback Dengan Multitester dan Mengecek Kerusakan Flyback - Mendengar nama Flyback TV mungkin sudah bukan lagi menjadi hal asing bagi para penggemar teknisi televisi karena merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki oleh setiap televisi. Namun mungkin bagi para pemula bukan lah merupakan hal mudah untuk dapat menentukan flyback TV itu sendiri serta melakukan pengukuran dan menganalisa kesalahan pada komponen tersebut.


Cara untuk dapat mengecek kerusakan yang terjadi pada flyback TV atau yang sering disebut dengan FBT diantaranya adalah melihat bentuk fisiknya yang ditandai dengan adanya kekembungan pada bagian permukaan body televisi, timbulnya keretakan atau jebol dengan bau benda terbakar dari dalam. Kedua adalah melakukan pengukuran resistansi antara kaki-kaki flyback, melepas dulu FBT yang terletak pada mainboard, lakukan pengukuran menggunakan multitester yang merupakan alat untuk digunakan dalam hal kasus ini.

Multitester digital atau jarum merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur flyback TV. Selektro stich pada posisi OHM yang berkisar 2000K, kemudian probe hitam ditempelkan pada GND FBT lalu probe merah ditempelkan pada Colector/H OUT, B, 180V serta ABL FBT lakukan bergantian. Apabila display tester menunjukkan angka 1 atau jarum tidak mengalami pergerakan sama sekali maka FBT dalam keadaan baik-baik saja, sementara jika display tester menunjukkan angka 000 atau jarum menyimpng sedikit itu berarti flyback mengalami short atau kerusahakan.

Untuk tes selanjutnya mengecek keadaan flyback apakah baik atau tidak adalah tes dari reaksinya didalam sebuah rangkaian. Televisi dihidupkan untuk beberapa saat kemudian peganglah sisi heatsink TR Horizontalnya, apabila mengalami keadaan begitu panas diluar normal maka dapat dipastikan apabila flyback anda dalam keadaan rusak.

Ada beberapa ciri yang menerangkan apabila flyback televisi anda mengalami kerusakan. Diantaranya meliputi :

1. Lilitan flyback short, hal ini bisa diinfokan pada bagian atas dan bawah FBT merupkan sebuah trafo yang memiliki lilitan. Apabila lilitan tersebut memiliki short maka pada bagian dalam flyback dapat terjadi kendala seperti, power supply protek dan mengeluarkan suara ngik terus menerus, transistor horizontal overheat, transistor horizontal jebol secara terus menerus.

2. Lilitan flyback putus, hal ini memang jarang terjadi tapi merupakan ciri dari flyback yang rusak.

3. Adanya kebocoran tegangan tinggi, flyback pada bagian anodanya yang berbahan karet akan mengalami degradasi dalam waktu lama sehingga akan melekat kuat pada tabung yang menyebabkan lidah api listrik tegangan tinggi melompat ke arah pinggir tabung dan menyebabkan grounding.


Hal yang perlu anda lakukan dalam menyelesaikan masalah seperti ini adalah dengan mengganti trafo flyback dengan yang baru untuk mencegah kerusakan lebih lanjut supaya tidak berbahaya pada televisi anda.  Gantilah dengan trafo flyback yang memiliki tipe sama seperti pada televisi anda. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Cara Mengukur Flyback Dengan Multitester dan Mengecek Kerusakan Flyback