Portal seputar macam macam kerusakan pada tv, harga tv, komponen tv dan tutorial cara service tv yang baik dan benar bagi pemula

Inilah Rangkaian Skema Smps Untuk Power Ampli

Skema Smps Untuk Power Ampli - Mungkin bagi para teknisi elektronik terutama teknisi televisi sudah tidak asing lagi dengan skema smps. Skema ini penting bagi para teknisi ketika memperbaiki televisi yang sedang bermasalah atau rusak. Apalagi para penggemar audio tentu saja tidak asing dengan membuat skema smps untuk power amplifier supaya bisa menghasilkan suara bass dan bening dengan hentakan yang enak didengar serta memanjakan telinga.

Perlu anda ketahui apabila salah satu komponen utama supaya dapat mengeluarkan suara bass dengan penuh hentakan dan utuh tanpa dapat diikuti suara sember merupakan power supply yang memiliki arus cukup. Yang sering terjadi adalah, ketika usaha untuk membuat power supply dengan trafo 5 ampere murni dan perangkat lainnya sudah lengkap namun hasil suara bass yang diinginkan jauh dari ekspektaasi.

Inilah Rangkaian Skema Smps Untuk Power Ampli

Lalu, bagaimana caranya untuk menanggulangi permasalahan semacam ini? Tentu bagi sebagian besar orang yang baru dalam dunia teknisi elektronik adalah mencari cara untuk dapat membuat power supply dengan arus besar sehingga mampu mengeluarkan suara bass yang penuh hentakan kuat dan membangggakan.

Masalah ini dapat dilihat dari smpsnya yang mungkin saja bisa menjadi solusi. Dengan adanya smps, maka kita bisa memperoleh power supply yang memiliki arus besar hingga 10, 20 bahkan sampai 120 ampere sehingga dapat menghasilkan suara audio yang hentakan bassnya tinggi.

Pada dasarnya memang membuat smps ini tidaklah begitu mudah, ada beberapa komponen rangkaian yang perlu diperhatikan supaya hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan kita sebelumnya. Skema smps untuk ampli yang dapat menghasilkan hentakan bass keren bisa anda gunakan tegangan output mencapai 49.5 vdc dengan arus cukup untuk mencatu power amplifier stereo. Namun anda perlu hati-hati menghadapi tegangan 220vac.

Trafo yang mungkin dibutuhkan untuk membuat skema smps ini adalah trafo Ferrite bekas PC, EE tanpa GAP, ETD39. Selanjutnya untuk proses perakitan sendiri, pada sisi primer kumparan melipti adanya 40 putaran yang memiliki diameter 0.6 mm dengan kawat enamel. Sebelumnya anda perlu mengingat bahwa untuk dapat menghentikannya dibutuhkan 20 kali putaran.

Selanjutnya adalah memasang lapisan isolasi dengan pita isolasi yang dijadikan jarak antara gulungan sekunder, gulungan sekunder tersebut bisa memakai diamerter kaawat 0.6 mm x 4 dijadikan satu jumlah gulungan 14 lilit X 2 jadi terdapat 14 lilit CT 14 lilit yang bisa dililit sampai rapi. Setelah itu lilitan sekunder dipalisi lagi kemudian anda melajutkan dengan sisa lilitan primer 20 putaran lagi pada bagian atasnya.

Sehingga kumparan sekunder akan terjepit diantara lilitan primer 20 + 20 putaran. Pusat tap ini 20 + 20 bisa dihubungkan dengan tubuh SMP untuk mendapatkan stabilitasi pada tingkatan dan output bersih dari segi riak atau gangguan suara yang berdengung.

Nah itulah sedikit cara yang mungkin bisa anda lakukan sendiri ketika ingin membuat skema smps di rumah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Inilah Rangkaian Skema Smps Untuk Power Ampli